SUARA HATI
this site the web

Buku adalah 'dokumentator' handal

Oleh : Ahmadi Haruna

Seorang ahli sejarah dan ilmu pengetahuan berkebangsaan Skot­landia Thomas Carlyle Mengatakan "In book lies the soul of the whole past time. The true Universi­ty of these days is collection or boo­k".(Artinya: dalam buku terkan­dung jiwa seluruh masa lampau. Kini Universitas yang sejati me­rupakan suatu koleksi daripada buku-buku). Para bijakpun: buku adalah 'gu­ru' yang tak pernah merasa bosan dan jenuh. Buku selalu siap sedia-­ibarat Udara, kapan dan dima­na saja kita berada tanpa mengenal waktu, ruang, siap dihirup, ketimbang dengan guru, dosen dan nara sumber lainnya yang memakai 'ti­me schedule' untuk berkonsultasi.

Ada sebuah pepatah berbunyi : "A book is like a garden carried in the pocket". Ku­rang lebih maknanya : sebuah bu­ku bagaikan sebuah taman di da­lam kantung. Sebuah buku me­mang bagaikan pohon yang sarat buah-buahnya yang tak henti­ -hentinya dapat dipetik dan di­gunakan.
Pepatah diatas, menggariskan, de­ngan buku kita dapat menjelajah ke seluruh pelosok dunia tanpa mengenal batas waktu maupun tempat. Lewat fantasi yang disu­guhkan pengarang dalam karya­nya, seolah kita berada dalam se­buah taman. Taman yang ditumbu­hi berbagai ragam bentuk, wama, aneka 'bunga' pengetahuan.

Jika kita meng­kaji dan mengupas, sesungguhnya benda yang namanya buku adalah gudangnya ilmu, terdapat beraneka ragam ilmu pengetahuan. Buku telah mela­hirkan intelektual-intelektual briliant dunia, bahkan melahirkan ban­dit-bandit intelektuaI. Buku adalah 'dokumentator' handal, lewat bu­ku kita dapat mengetahui peristiwa masa Ialu, peristiwa sekarang dan mampu mengesti­masi penstiwa-peristiwa yang ba­kal dan terjadi di masa datang.

Buku adalah pe­nemuan manusia yang sungguh hebat, kare­na buku ialah sebuah penemuan atau buah pikiran yang tak tersapu oleh waktu , buku ialah ilham yang menyumbang perkembangan peradaban tak hi­lang di telan sejarah, tetapi ikut membentuk jalannya sejarah. Maka dari itu rugilah kita jika tidak memiliki rasa cinta terhadap buku dan tentunya juga harus dibarengi dengan niat untuk mempelajarinya.



0 comments:

Post a Comment

 

Suara Hati

Pendidikan. . . .Artikel. . . . Politik . . . . Berita. . . . Puisi. . . .

Contact