SUARA HATI
this site the web

Tantangan Seorang Guru

Oleh : Ahmadi Haruna

Pada masa sekarang ini lebih banyak masalah dan tuntutan yang dihadapi seorang guru. Bisa kita lihat pada cara mergajar mereka yang sekarang ini lebih menekankan pada ketuntasan materi pelajaran, sehingga kurang melihat pada pemben­tukan sikap, atau perilaku murid. 'Mengajar' lebih didahulukan, bukan 'mendidik' siswa itu sendiri."

Tuntutan hidup yang tinggi menyebabkan ideologi guru menjadi tidak jelas. Akibatnya mereka sibuk mencari nafkah tambahan demi memenuhi kebutuhan keluarga. Kalau idealis, mereka akan menjadi guru yang baik tetapi keluarga bisa morat-marit.

Di samping itu, sistem pengajaran sekarang juga berbeda dengan masa lalu. Sekarang ini menilai

seorang siswa hanya pada sisi kecerdasan saja. Maka banyak murid dan guru yang menjadi stress karena faktor keterampilan dan moral yang baik tidak dipakai sebagai dasar penilaian kelulusan.

Kriteria guru yang baik ialah:

1.Memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Untuk itu mereka harus menguasai materi yang diajarkan sekaligus menguasai metode penyajian yang efektif, efisien, dan menyenangkan.

2. Mampu membuat murid belajar dan sadar akan tugasnya sebagai siswa .

3. Memberikan inspirasi dan motivasi kepada siswa sehingga dapat dijadikan panutan dalam segala hal seperti tingkah laku, cara bicara, dan berpikir.

4.Bisa mengembangkan potensi yang ada pada anak didik, bukan membentuk seperti yang kita mau,

dan tidak berusaha memaksakan kehendak.

5. Mampu melakukan Pembaruan – pembaruan sesuai tuntutan zaman, dan selalu berpikir ke masa depan tanpa melupakan yang telah lewat dan masa sekarang.

6. Aktif mengikuti perkembangan IPTEK.

0 comments:

Post a Comment

 

Suara Hati

Pendidikan. . . .Artikel. . . . Politik . . . . Berita. . . . Puisi. . . .

Contact